UPA PERPUSTAKAAN UNHAN RI TURUT BERPERAN AKTIF DALAM AKREDITASI PROGRAM STUDI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI PERTAHANAN UNHAN RI

Oleh

Tim Pengelola Website UPA Perpustakaan

Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (FSTP Unhan RI) melaksanakan akreditasi beberapa Program Studi (prodi) yaitu Prodi Teknik Sipil, prodi Teknik Mesin, Prodi Teknik Elektro, dan Prodi Teknik Informatika. Sedangkan Prodi Matematika, Prodi Fisika, Prodi Kimia, dan Prodi Biologi rencananya juga akan diakreditasi.

Akreditasi merupakan sebuah proses penilaian dan pengakuan mutu yang dilakukan oleh pihak yang berwenang terhadap suatu program studi di Perguruan Tinggi. Proses akreditasi ini bertujuan untuk menjamin bahwa program studi yang diselenggarakan di Perguruan Tinggi tersebut telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi yang berwenang.

Kegiatan akreditasi Prodi FSTP Unhan RI dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM Infokom) yang akan melakukan penilaian terhadap kualitas Prodi berdasarkan berbagai aspek, seperti kurikulum, sumber daya manusia, fasilitas dan infrastruktur, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta sistem penjaminan mutu, dll. Proses akreditasi dilakukan dengan menggunakan instrumen akreditasi yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), yaitu Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Pedoman Penyusunan Instrumen Akreditasi (PPIA) Program Studi.

Asesmen Lapangan Prodi Teknik Sipil FSTP Unhan RI yang dilaksanakan pada tanggal 16-17 Februari 2023 bertempat di Ruangan Rapat Gedung FSTP Unhan RI. Akreditasi Prodi Teknik Sipil dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Prodi Teknik Sipil. Adapun Asesor dalam kegiatan akreditasi ini adalah Prof. Ir. Sofia W Alisjahbana, M.Sc, Ph.D. dari Universitas Bakrie dan Endita Prima Ari Pratiwi, S. T., M. Eng, Ph.D. dari Universitas Gajah Mada.

Asesmen Lapangan Prodi Teknik Elektro FSTP Unhan RI yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Februari 2023 bertempat di Ruangan Rapat Gedung FSTP Unhan RI. Akreditasi Prodi Teknik Elektro dilakukan oleh LAM Prodi Teknik Elektro. Adapun asesor dalam kegiatan akreditasi ini adalah Dr. Muhammad Amin Sulthoni, S.T., M.T dari Institut Teknologi Bandung dan Rahmadwati, S.T., M.T., Ph.D dari Universitas Brawijaya.

Asesmen Lapangan Prodi Teknik Mesin FSTP Unhan RI yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Februari 2023 bertempat di Ruangan Rapat Gedung FSTP Unhan RI. Akreditasi Prodi Teknik Mesin dilakukan oleh LAM Prodi Teknik Mesin. Adapun asesor dalam kegiatan akreditasi ini adalah Dr. Ir. Sulardjaka, S.T., M.T., IPU., ASEAN Eng. dari Universitas Diponegoro dan Dr. Ir. Suhanan, DEA dari Universitas Gajah Mada.

Asesmen Lapangan Prodi Teknik Informatika FSTP Unhan RI yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Maret 2023 bertempat di Ruangan Rapat Gedung FSTP Unhan RI. Akreditasi Prodi Teknik Informatika dilakukan oleh LAM Prodi Teknik Informatika. Adapun asesor dalam kegiatan akreditasi ini adalah Albertus Joko Santoso, DR. Ir. MT. dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Hariyadi, S.kom., M.Kom dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Keterangan Gambar – Tim Asesor akreditasi sedang melaksanakan pendalaman materi dan berdiskusi tanya jawab dengan personel prodi dan personel pendukung lainnya di Ruangan Rapat Gedung FSTP Unhan RI.

Para Pejabat yang hadir pada Kegiatan Akreditasi Lapangan FSTP Unhan RI terdiri dari: Kepala LPMPP Unhan RI, Dekan FSTP, Wadek I bid. Akademik FSTP, Wadek II bid. Keuum FSTP, Plt. Ses LPPPM, Kabag Kemahasiswaan Biro AK, Kabag Akademik dan Statistik Biro AK, Kabag Humas dan TU Rokuum, Kabag Logistik dan Rumah Tangga Rokuum, Kabag Perencanaan dan Anggaran Renkermahumas, Kabag Kerjasama Renkermahumas, Kabag Hukum dan Kepegawaian Rokuum, Ka UPA Perpustakaan, Ka UPA Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kapus Publikasi dan Jurnal Ilmiah LPPM, Kapus Penelitian Teknologi Industri Pertahanan LPPM, Kapus Penelitian Keamanan Nasional Pertahanan LPPM, Kapus Penelitian Bela Negara dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM, Kapus Pengembangan Pembelajaran LPMPP, Kapus Penjaminan Mutu LPMPP, Kapus Manajemen Akreditasi LPMPP, Kapus Relevansi dan Manajemen Pembelajaran LPMPP, Kapus Evaluasi Mutu LPMPP, Kaprodi Teknik Informatika FSTP, Dosen Tetap Prodi Teknik Informatika, Kasubbag TU LPMPP, Kasubbag TU FSTP, Kasubbag Akuntansi dan Pelaporan Bagian Keuangan Rorenku, Kasubbag Tenaga Pendidik Bagian Hukum dan Kepegawaian Rokuum, Pranata Komputer Pelaksana UPA Tekinfokom, Penyusun Pus Manajemen Akreditasi Subbag TU LPMPP, Staf Pusat Manajemen Akreditasi LPMPP, dan Staf TU LPMPP, Staf TU FSTP, Staf FSTP, Staf Prodi Teknik Informatika FSTP, dan Perwakilan Mahasiswa Aktif Prodi Teknik Informatika FSTP Unhan RI.

Perpustakaan memiliki peranan penting dalam proses akreditasi program studi pada sebuah Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi harus memperhatikan pengembangan Perpustakaan yang lengkap dan berkualitas sebagai salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan. Berikut adalah beberapa alasan bahwa perpustakaan sangat penting dalam proses akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi:

  1. Menyediakan sumber daya informasi. Perpustakaan merupakan tempat di mana Kadet Mahasiswa dan Dosen dapat mengakses berbagai sumber daya informasi, seperti buku, jurnal, artikel, dan database elektronik. Sumber daya ini sangat penting dalam mendukung kegiatan akademik dan riset, serta memberikan dukungan bagi Kadet Mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi.
  2. Memenuhi standar kualitas. Standar akreditasi program studi Perguruan Tinggi meliputi ketersediaan sumber daya informasi dan dukungan layanan Perpustakaan. Oleh karena itu, Perpustakaan harus memastikan bahwa koleksi sumber daya informasi dan layanan yang disediakan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi.
  3. Meningkatkan daya saing. Perpustakaan yang lengkap dan berkualitas dapat meningkatkan daya saing Perguruan Tinggi dalam kompetisi global. Perguruan Tinggi dengan Perpustakaan yang baik dan lengkap akan menjadi pilihan utama bagi Kadet Mahasiswa yang mencari tempat belajar yang berkualitas.
  4. Meningkatkan kualitas pendidikan. Perpustakaan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyediakan sumber daya informasi dan layanan yang mendukung kegiatan akademik dan riset. Selain itu, Perpustakaan juga dapat mengembangkan program dan layanan yang inovatif untuk meningkatkan keterampilan literasi informasi Kadet Mahasiswa dan Dosen.

Mengingat pentingnya peran perpustakaan dalam kegiatan akreditasi prodi, oleh sebab itu Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan Unhan RI senantiasa siap dalam menghadapi setiap kegiatan akreditasi program studi. Perpustakaan selalu meningkatkan koleksi sumber daya informasi meliputi buku, jurnal, tesis, disertasi, majalah, koran, database ejournal & Ebook, CD dan Audiovisual. UPA Perpustakaan juga mengembangkan program kolaborasi dengan penerbit atau institusi lain untuk meningkatkan akses ke sumber daya informasi.

UPA Perpustakaan Unhan RI senantiasa meningkatkan layanan perpustakaan dengan mengembangkan program yang inovatif dan berkualitas, seperti pelatihan literasi informasi. Pelatihan literasi biasa dilakukan dengan cara Matrikulasi Perpustakaan pada saat orientasi mahasiswa baru yang bertujuan agar semua sivitas akademika Unhan RI dapat mengakses seluruh koleksi dan jurnal yang telah dilanggan oleh UPA Perpustakaan Unhan RI.

Kemudian dalam hal teknologi informasi, UPA Perpustakaan Unhan RI memastikan bahwa perpustakaan memiliki dukungan teknologi informasi yang memadai, akses internet yang cepat, sistem akses jarak jauh yang dapat diakses oleh Kadet Mahasiswa dan Dosen, dan sistem manajemen Perpustakaan yang telah menggunakan sistem otomasi perpustakaan meliputi; Online Public Acces Catalog (OPAC) dan Institutional Repository Perpustakaan.

Kunjungan lapangan akreditasi ke UPA Perpustakaan Unhan RI dilaksanakan pada hari kedua. Asesor mengunjungi langsung UPA Perpustakaan Unhan RI dan disambut oleh Kepala UPA Perpustakaan Unhan RI beserta staf. Asesor meninjau langsung layanan, fasilitas, dan koleksi yang dimiliki UPA Perpustakaan Unhan RI. Dalam kunjungan tersebut asesor menghimpun data sesuai yang dibutuhkannya.

Asesor bertanya kepada Kepala UPA Perpustakaan terkait dengan pelayanan perpustakaan, total koleksi buku perpustakaan, koleksi jumlah buku, e-book, jurnal yang berkaitan dengan prodi FSTP Unhan RI, jurnal yang dilanggan oleh Unhan RI ada berapa dan jurnal prodi yang dimuat di jurnal yang dilanggan ada atau tidak, Perpustakaan Unhan RI apakah sudah akreditasi, serta keaktifan mahasiswa prodi FSTP Unhan RI dalam mengunjungi, berapa kali peminjaman buku, dan memanfaatkan layanan perpustakaan.

Kepala UPA Perpustakaan Unhan RI Kolonel Sus. Drs. Ernes Dj. Fambrene, M.Han., CIT menjelaskan bahwa UPA Perpustakaan membuka pelayanan setiap hari Senin sampai dengan Minggu, yang libur hanya tanggal libur Nasional. UPA Perpustakaan menggunakan sistem otomasi Perpustakaan meliputi; Online Public Access Catalog (OPAC). OPAC adalah sistem katalog yang dapat diakses secara online dan dapat dimanfaatkan pemustaka untuk menelusuri koleksi bahan pustaka yang dimiliki UPA Perpustakaan. Kadet mahasiswa bisa mengakses OPAC di dalam lingkungan Unhan RI dan di asrama kadet mahasiswa dengan menggunakan jaringan internet.

Institutional Repository Perpustakaan dikhususkan pada koleksi bahan pustaka berbasis digital atau elektronik yang tidak dipublikasikan secara umum. Konten di dalamnya antara lain: hasil penelitian Dosen maupun karya ilmiah mahasiswa berupa laporan penelitian, tesis, disertasi, tugas akhir maupun bentuk karya ilmiah lainnya.

Layanan Referensi Koleksi Karya Ilmiah menyediakan koleksi hasil karya tulisan ilmiah berupa tesis, laporan penelitian dan laporan pengabdian masyarakat baik cetak maupun non cetak.

Layanan Multi Media Komputer dimana Perpustakaan Unhan RI menyediakan komputer-komputer yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka untuk melakukan penelusuran informasi yang dibutuhkan.

Layanan Pendidikan Pemakai adalah kegiatan yang dirancang untuk memberikan informasi kepada pemustaka agar mengetahui sumber-sumber informasi perpustakaan yang terdiri dari koleksi, fasilitas, dan jasa perpustakaan, mendidik pemustaka dalam memanfaatkan sumber-sumber informasi secara cepat dan tepat.

Perpustakaan Unhan RI juga menyediakan Ruang Baca agar dapat digunakan oleh pemustaka dengan berbagai kegiatan, membaca buku, mengerjakan tugas, menyusun penelitian, laporan kerja profesi dan berbagai kegiatan lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Perpustakaan Nasional RI berdasarkan evaluasi Lembaga Akreditasi Perpustakaan, menetapkan bahwa Perpustakaan Unhan RI telah memiliki Sertifikat Akreditasi A, Nomor: 0197/LAP.PT/XII.2020, yang berlaku mulai tanggal 22 Desember 2020 sampai dengan 22 Desember 2025 yang kemudian akan diperpanjang kembali.

 Unhan RI memiliki 3 perpustakaan yang berada di tiga kampus yakni di Kawasan IPSC Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Kampus Utama). Kampus kedua di jalan Salemba Raya No.14 Jakarta Pusat, DKI Jakarta (Kampus Satelit), dan Kampus ketiga yaitu di Fatuketi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (Kampus Satelit).

Keterangan Gambar – Kepala UPA Perpustakaan sedang menjawab pertanyaan yang ditanyakan asesor pada saat Asesmen Lapangan di Perpustakaan Unhan RI, Sentul, Kabupaten Bogor (Kampus Utama).

Saat ini UPA Perpustakaan Unhan RI memiliki koleksi buku dengan jumlah 12.553 judul buku, selanjutnya berlangganan 6 database jurnal meliputi Springer Nature, Emerald Publishing, Oxford University Press, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), American Society of Civil Engineers (ASCE), American Chemical Society (ACS), dan IG Publishing yang berisi e-book yang bisa dibaca secara fulltext oleh para pemustaka.

Koleksi buku Prodi Teknik Elektro sebanyak 151 judul, dan e-book sebanyak 62 judul. Jumlah langganan jurnal teknik elektro sebanyak 45 jurnal yang terdapat pada jurnal yang kita langgan yaitu ASCE sebanyak 14 jurnal, IEEE sebanyak 25 jurnal, dan Springer Nature sebanyak 6 jurnal.

Keaktifan Kadet Mahasiswa Prodi Teknik Elektro terlihat dari total kunjungan selama tahun 2023 sebanyak 230 kunjungan. Cohort 1 melakukan kunjungan sebanyak 29 kali, Cohort 2 melakukan kunjungan sebanyak 65 kali, dan Cohort 3 melakukan kunjungan sebanyak 136 kali. Kemudian untuk total peminjaman buku Kadet Mahasiswa teknik elektro selama tahun 2023 sebanyak 30 peminjaman, Cohort 1 melakukan peminjaman buku sebanyak 7 kali, Cohort 2 melakukan peminjaman buku sebanyak 9 kali, dan Cohort 3 melakukan peminjaman buku sebanyak 14 kali.

Koleksi buku Prodi Teknik Mesin sebanyak 277 judul, dan e-book sebanyak 50 judul. Jumlah langganan jurnal Prodi Teknik Mesin sebanyak 47 jurnal yang terdapat pada jurnal yang kita langgan yaitu Emerald Publishing sebanyak 16 jurnal, ACS sebanyak 1 jurnal, ASCE sebanyak  13 jurnal, IEEE sebanyak 11 jurnal, dan Springer Nature  sebanyak 6 jurnal.

Keaktifan Kadet Mahasiswa Prodi Teknik Mesin terlihat dari total kunjungan selama tahun 2023 sebanyak 143 kunjungan. Cohort 1 melakukan kunjungan sebanyak 46 kali, Cohort 2 melakukan kunjungan sebanyak 37 kali, Cohort 3 melakukan kunjungan sebanyak 60 kali. Kemudian untuk total peminjaman buku Kadet Mahasiswa Prodi Teknik Mesin selama tahun 2023 sebanyak 44 peminjaman, Cohort 1 melakukan peminjaman buku sebanyak 5 kali, Cohort 2 melakukan peminjaman buku sebanyak 9 kali, dan Cohort 3 melakukan peminjaman buku sebanyak 30 kali.

Koleksi buku Prodi Teknik Informatika sebanyak 223 judul, dan e-book sebanyak 126 judul. Jumlah langganan jurnal Prodi Teknik Informatika sebanyak 44 yang terdapat pada jurnal yang kita langgan yaitu Emerald Publishing sebanyak 10 jurnal, ACS sebanyak 1 jurnal, ASCE sebanyak 5 jurnal, IEEE sebanyak 14 jurnal, dan Springer Nature sebanyak 14 jurnal.

Keaktifan Kadet Mahasiswa Prodi Teknik Informatika terlihat dari total kunjungan selama tahun 2023 sebanyak 664 kunjungan. Cohort 1 melakukan kunjungan sebanyak 243 kali, Cohort 2 melakukan kunjungan sebanyak 124 kali, Cohort 3 melakukan kunjungan sebanyak 297 kali. Kemudian untuk total peminjaman buku Kadet Mahasiswa Prodi Teknik Informatika selama tahun 2023 sebanyak 228 peminjaman, Cohort 1 melakukan peminjaman buku sebanyak 64 kali, Cohort 2 melakukan peminjaman buku sebanyak 69 kali, dan Cohort 3 melakukan peminjaman buku sebanyak 95 kali.

Keterangan Gambar. Pustakawan PPNPN Faisol Abdul Kharis, S.Hum., M.Han. sedang menjelaskan kepada asesor mengenai tata cara pencarian koleksi Perpustakaan Unhan RI.

Asesor juga menanyakan beberapa hal kepada Pustakawan Faisol Abdul Kharis, S.Hum., M.Han., yang merupakan salah satu pustakawan di UPA Perpustakaan Unhan RI yang memiliki latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. Pertanyaan meliputi penyelenggaraan perpustakaan selama masa pandemi, pengembangan karir, kualifikasi keahlian dan kompetensi yang dimiliki.

Pustakawan Faisol Abdul Kharis, S.Hum., M.Han. menjelaskan untuk penyelenggaraan perpustakaan selama masa pandemi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap staf perpustakaan dan pengunjung perpustakaan wajib mengggunakan masker dan menjaga jarak. Perpustakaan juga menyiapkan handsanitizer di pintu masuk perpustakaan, dan sabun cuci tangan di wastafel.

Terkait dengan kualifikasi keahlian dan kompetensi, Pustakawan Faisol Abdul Kharis, S.Hum., M.Han., menjelaskan bahwa pustakawan di Perpustakaan Unhan RI telah mengikuti sertifikasi kompetensi pustakawan. Sertifikasi kompetensi pustakawan diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pustakawan di bawah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) selaku badan induk yang memayungi sertifikasi profesi di Indonesia, serta Perpusnas RI sebagai Lembaga Induk Perpustakaan di Indonesia.

Tags: No tags

Comments are closed.