PERPUSTAKAAN UNHAN RI MENDAPAT KUNJUNGAN DARI THE CHIEF OPERATIONS OFFICER AND DEPUTY COMMANDANT OF THE UK DEFENCE ACADEMY

  28 September 2022 | 14:13:07   -   Post By : Admin Perpustakaan


PERPUSTAKAAN UNHAN RI MENDAPAT KUNJUNGAN DARI THE CHIEF OPERATIONS OFFICER AND DEPUTY COMMANDANT OF THE UK DEFENCE ACADEMY

Oleh: Tim Pengelola Website UPT Perpustakaan Unhan RI

      Perpustakaan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) mendapatkan kunjungan dari delegasi The Chief Operations Officer and Deputy Commandant, the United Kingdom Defence Academy, hari Rabu 21 September 2022. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kunjungan dari delegasi the United Kingdom Defence Academy ke Kampus Utama Unhan RI Kawasan IPSC Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Delegasi yang mengunjungi Perpustakaan Unhan RI diantaranya adalah Air Commodore Hamish Cormack, MA, CBE., the Chief Operations Officer and Deputy Commandant, the UK Defence Academy, Lutenant Colonel Alex Michael, Defence Engagement of the Joint Force Development HQ, Colonel Paul Reynolds, the UK Defence Attache for Indonesia, dan Ms. Natasha Permatasar, the Assistant Defence Attache.

        Dalam kunjungannya ke Perpustakaan Unhan RI, delegasi The UK Defence Academy didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhan RI, Mayjen TNI Dr. Jonni Mahroza, S.I.P., M.A., M.Sc., CIQnR., CIQaR., dan Warek III Bidang Kerjasama Kelembagaan Unhan RI, Laksda TNI Dr. Ir. Suhirwan, S.T., M.MT., M.Tr.Opsla., CIQnR., CIQaR., IPU., ASEAN Eng. Delegasi The UK Defence Academy disambut oleh Kepala Perpustakaan Unhan RI, Kolonel Sus Drs. Ernes Dj. Fambrene, M.Han. beserta staf perpustakaan.

      Kegiatan diawali dengan pengisian daftar kunjungan oleh delegasi The UK Defence Academy dan pejabat yang turut serta mendampingi menggunakan aplikasi Visitor Counter Senayan Library Management System. Selanjutnya para delegasi mendapat penjelasan yang berkaitan dengan keberhasilan Perpustakaan Unhan RI mendapatkan akreditasi dengan Nilai “A” dari Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2020. Hal ini merupakan kategori penilaian “sangat baik” bagi level perpustakaan perguruan tinggi.

      Perpustakaan Unhan RI memiliki sejumlah koleksi bahan pustaka yang meliputi textbook, majalah, laporan-laporan penelitian, ebook, dan ejournal. Koleksi bahan pustaka tersebut dapat diakses melalui Online Public Access Catalog (OPAC) pada link https://opac.lib.idu.ac.id. OPAC adalah sebuah sistem yang digunakan oleh perpustakaan sebagai alat bantu bagi semua pengguna atau user dalam melakukan katalog koleksi perpustakaan.

      OPAC memberi kemudahan bagi pemustaka dalam penggunaan maupun menyediakan keakuratan dalam menghadirkan data, dapat diakses oleh beberapa orang sekaligus pada saat yang sama, dan memberikan keleluasaan pada pengakses untuk memilih tajuk entri, pengarang, judul, subyek, atau penerbit menggunakan logika boolean. OPAC sangat menunjang kegiatan pelayanan di perpustakaan karena bisa mengurangi beban biaya dan waktu yang telah diperlukan dengan mudah oleh semua pemustaka.

      Dengan demikian, OPAC memberikan kemudahan bagi pemustaka dalam mencari kebutuhan informasi, dan mengurangi biaya atau beban pekerjaan dalam pengelolaan pangkalan data sehingga dapat juga meningkatkan dan meringankan efisiensi tenaga kerja. Bisa juga mempercepat pencarian informasi yang bisa juga melayani kebutuhan informasi pemustaka dalam jangkauan yang lebih luas. Apabila kriteria pelayanan berkualitas tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka semua pelayanan perpustakaan akan bisa memberikan kepuasan bagi pustakawan.

Pada tampilan Beranda atau Home, OPAC Perpustakaan Unhan RI menampilkan sepuluh kelas utama koleksi bahan pustaka yang dimiliki, beberapa diantaranya adalah:

  1. 000-099 (Komputer, Infomrasi dan Karya Umum)
  2. 100-199 (Filsafat dan Psikologi)
  3. 200-299 (Agama)
  4. 300-399 (Ilmu Pengetahuan Sosial)
  5. 400-499 (Bahasa)
  6. 500-599 (Sains)
  7. 600-699 (Teknologi)
  8. 700-799 (Kesenian)
  9. 800-899 (Sastra)
  10. 900-999 (Geografi dan Sejarah)

      Selain OPAC, staf Perpustakaan Unhan RI juga menjelaskan delegasi The United Kingdom Defence Academy tentang keberadaan Institutional Repository Unhan RI. Institutional Repository Unhan RI adalah local content database perpustakaan yang dikhususkan pada koleksi bahan pustaka berbasis digital atau elektronik yang tidak dipublikasikan secara umum seperti hasil penelitian dosen maupun karya ilmiah mahasiswa berupa laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir maupun bentuk karya ilmiah lainnya. Institutional repository dapat pula dikatakan sebagai perpustakaan digital. Hal tersebut dikarenakan sistem repository menyimpan dan mengelola sumber-sumber informasi perpustakaan dalam format digital atau elektronik yang dihasilkan oleh suatu institusi perguruan tinggi. Institutional Repository Unhan RI dapat diakses melalui link http://opac.lib.idu.ac.id/repository/index.php. Sebagai upaya mencegah plagiarisme, Perpustakaan Unhan RI menerapkan kebijakan untuk tidak memberikan akses secara online terhadap beberapa bagian hasil penelitian yang meliputi bagian metode penelitian, bagian hasil dan pembahasan, dan bagian lampiran. Bagian-bagian tersebut dapat dibaca secara langsung di Perpustakaan Unhan RI.

      Institutional repository sebagai perpustakaan digital mempermudah pemustaka dalam mengakses dan proses temu balik informasi. Keberadaan repository perpustakaan perguruan tinggi sangat diperlukan dalam menghadapi keberanekaragaman sumber informasi yang dewasa ini tumbuh dengan masif. Akses informasi digital menjadi salah satu paradigma baru dalam pelayanan di perpustakaan perguruan tinggi.

      Kemudahan transfer informasi dari sumber informasi kepada pengguna informasi menjadi acuan kesuksesan paradigma pelayanan tersebut. Situasi ini menjadikan akses informasi digital semakin penting dalam pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka, tanpa mengesampingkan akses informasi secara konvensional melalui buku tercetak di perpustakaan. Akses terhadap sumber daya informasi digital semakin mudah karena dapat diakses secara terbuka (open access), multiuser, unlimited access dan dapat diakses dari jarak jauh tanpa harus datang ke perpustakaan.

      Lebih lanjut staf Perpustakaan Unhan RI menyampaikan inovasi layanan Virtual Library Tour. Virtual Library Tour adalah inovasi layanan alternatif mengunjungi Perpustakaan Unhan RI yang dikembangkan sejak pandemi Covid-19. Virtual Library Tour dijadikan sebagai wahana atau media untuk mengunjungi Perpustakaan Unhan RI secara virtual. Virtual Library Tour juga dapat digunakan sebagai wahana wisata. Keberadaan layanan Virtual Library Tour di Perpustakaan Unhan RI disajikan dengan memanfaatkan gambar tiga dimensi. Layanan Virtual Library Tour dapat diakses melalui link https://opac.lib.idu.ac.id/virtualtour/.

      Adapun Layanan Virtual Library Tour dapat menjadi alternatif sarana pemustaka dalam memanfaatkan Perpustakaan Unhan RI. Pemustaka dapat melihat kondisi Perpustakaan Unhan RI tanpa harus datang secara langsung. Hal ini bermanfaat sebagai sarana pendidikan pemakai untuk mengetahui lokasi rak buku yang tersedia, ruang baca, ruang multimedia, dan maupun layanan-layanan lainnya. Air Commodore Hamish Cormack, MA, CBE. berharap layanan ini dapat diperluas cakupannya sehingga gambar yang ditambilkan lebih beragam.

      Ketua delegasi The UK Defence Academy disela-sela kunjungan memberikan apresiasi terhadap inovasi layanan-layanan yang dimiliki Perpustakaan Unhan RI. Air Commodore Hamish Cormack, MA, CBE. beberapa layanan inovatif tersebut adalah Kantin Kejujuran dan Layanan Virtual Library Tour. Layanan Kantin Kejujuran adalah salah satu program Perpustakaan Unhan RI dalam hal upaya menanamkan sifat dan karakter kejujuran bagi pemustaka Perpustakaan Unhan RI, khususnya Kadet Mahasiswa. Layanan ini menjadi bagian dari pendidikan anti korupsi yang dirasa perlu sebagai bentuk upaya prefentif.