MEMPERINGATI HUT TNI KE 74 KEPALA UPT PERPUSTAKAAN UNHAN BERKUNJUNG KE MUSEUM KEPRAJURITAN INDONESIA

  16 Oktober 2019 | 11:40:56   -   Post By : Admin Perpustakaan


MEMPERINGATI HUT TNI KE 74 KEPALA UPT PERPUSTAKAAN UNHAN BERKUNJUNG KE MUSEUM KEPRAJURITAN INDONESIA

4 Oktober 2019 -   Post By : Admin Perpustakaan

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun TNI Ke 74, Kepala UPT Perpustakaan Unhan Kolonel Chb (K) Dr. Sri Sundari, SE,.MM melakukan kunjungan ke Museum Keprajuritan Indonesia yang terletak di TMII, dalam kunjungan tersebut Ka UPT Perpustakaan melihat kembali gambaran perlawanan Prajurit / rakyat Indonesia dengan kegigihannya menghadapi bangsa asing, betapa pengorbanan yang besar oleh pendahulu-pendahulu kita yang tidak bisa dibandingkan dengan apapun demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Museum Keprajuritan Indonesia dibangun dengan bentuk segi lima berlantai dua dilengkapi dengan bastion pada tiap-tiap sudutnya. Di dinding luar bagian bawah benteng ini, diisi dengan peragaan fragmen patung dan relief.

Bangunan benteng yang didirikan dengan kukuh, mengandung makna Pertahanan Bangsa, dalam menangkal dari segala hakekat ancaman.

Dinding benteng berbentuk segi lima melambangkan keluhuran falsafah bangsa Indonesia Pancasila, Penangkal setiap ancaman ideology asing. Bastion yang dibangun pada kelima sudut benteng lengkap dengan lubang-lubang pengintai, melambangkan kewaspadaan karena dapat melihat dengan cakrawala yang yang luas. Pintu gerbang atau pintu utama dengan dekorasi abad XVI, merupakan tempat lalu lintas masuknya pengunjung, melambangkan keterbukan Indonesia terhadap dunia luar dan uniknya dibuat Parit yang mengelilingi benteng melambangkan suatu rintangan yang menjadi bagian dalam bentuk usaha Pertahanan Negara.

Diakhir kunjungan Himbauan dari Kepala UPT Perpustakaan Unhan agar masyarakat luas berkunjung ke Museum Keprajuritan Indonesia, sangat baik  untuk kalangan pelajar maupun mahasiswa agar semakin mengetahui semangat pempertahankan persatuan negara Indonesia yang tentunya agar Museum Keprajuritan Indonesia tidak sepi pengunjung.

Penulis: Thamrin