MATRIKULASI UPT PERPUSTAKAAN UNHAN RI DAN SOSIALISASI PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK PERPUSTAKAAN UNHAN RI

  31 Oktober 2022 | 09:50:53   -   Post By : Admin Perpustakaan


Oleh : Tim Pengelola Website UPT Perpustakaan Unhan RI

Dalam rangka kegiatan pelaksanaan Martikulasi Mahasiswa Baru Program Magister (S2) dan Program Doktoral (S3) Universitas Pertahanan RI T.A. 2022/2023 yang dilaksanakan pada tanggal 12 sd 24 Agustus 2022, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) termasuk salah satu menjadi narasumber pemberi materi.  Hal ini berdasarkan Surat Perintah Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia Nomor; SPRIN/2149/VIII/2022 Tanggal 11 Agustus 2022 tentang Daftar Nama Narasumber Pemberi Materi Matrikulasi Mahasiswa Baru Program Magister (S2) Program Doktoral (S3) Universitas Pertahanan RI T.A. 2022/2023.

Kegiatan matrikulasi ini dilakukan secara daring. Selain materi dari perpustakaan, materi lainnya yang disampaikan dalam acara matrikulasi meliputi; pengenalan tentang Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi, Peran Pusat Penelitian dan Pusat Studi, Jurnal Ilmiah dan Teknologi Informasi, Sitasi dan Teknik Penulisan Kutipan, Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karya Ilmiah, Aplikasi Mendeley untuk Sitasi dan Penulisan Daftar Pustaka, Pengetahuan Dasar Statistik, Parametrik dan Non Parametrik, Aplikasi dan Analisis Data Model Statistik dalam Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Pengarahan Bidang Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Pembekalan tentang Strategi Unhan RI menuju World Class Defence University, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), Penomoran Ijazah Nasional (PIN), Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik, Nomor Ijazah Nasional dan Masa Studi Terpakai, Pengarahan Bidang Umum, Pengarahan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, serta Kerja Sama dan lain-lain.

  Hadir dalam acara matrikulasi diantaranya Kolonel Pas Dr. Drs. Marsono, M.Si., CIQar selaku Kabag Akademik dan Statistik Biro Akademik Unhan RI, yang turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara matrikulasi pada siang hari ini, yang merupakan serangkaian acara pembukaan akademik T.A. 2022-2023. Harapannya agar para mahasiswa baru dapat mengetahui profil perpustakaan beserta layanan-layanan yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses belajar-mengajar di lingkungan Unhan RI.

Kolonel Sus Drs. Ernes Dj Fambrene, M.Han., mengatakan bahwa materi Perpustakaan yang disampaikan dalam acara ini, menjelaskan tentang profil UPT Perpustakaan Unhan RI mulai dari Visi, Misi, tugas dan fungsi perpustakaan, struktur organisasi, koleksi bahan pustaka, sistem otomasi perpustakaan, layanan referensi koleksi karya ilmiah, penelusuran informasi, multi media komputer, pendidikan pemakai, pameran buku perpustakaan, penerbitan International Standard Book Number (ISBN), ruang baca, kerja sama perpustakaan, pembuatan kartu anggota perpustakaan untuk mengakses layanan dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan pengenalan database jurnal yang telah dilanggan oleh Unhan RI. Adapun untuk sosialisasi pemanfaatan jurnal-jurnal elektronik Perpustakaan Unhan RI akan disampaikan oleh Wiwi Wiyanti dari I-Group Asia Pacific Limited.

Pada kesempatan ini, Kolonel Sus Drs. Ernes Dj. Fambrene, M.Han. memberikan pemahaman kepada peserta matrikulasi bahwa perpustakaan memiliki peranan penting dalam proses belajar-mengajar di suatu institusi perguruan tinggi. Perpustakaan menyimpan berbagai informasi penting bagi civitas akademika guna mendukung perkuliahan, penelitian, dan menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sumber-sumber informasi secara elektronik memungkinkan kemudahan akses bagi pengguna sehingga memicu diseminasi informasi sebagai sumber referensi pembelajaran dan perkuliahan.

Perpustakaan Unhan RI adalah unit pelaksana teknis yang dipimpin oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan yang bertugas melaksanakan pengelolaan perpustakaan Unhan RI yang memiliki fungsi sebagai berikut: Penyusunan rencana, program dan anggaran, Penyusunan rencana kebutuhan dan penyediaan bahan perpustakaaan, Pengolahan bahan perpustakaan, Pemberian layanan dan pendayagunaan bahan perpustakaan, Pemeliharaan dan perawatan bahan perpustakaan serta Pelaksanaan urusan tata usaha.

Universitas Pertahanan RI memiliki tiga Kampus yang beralamatkan:  Kawasan IPSC Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 16810 (Kampus Utama), Jl. Salemba Raya No. 14 Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10430 (Kampus Satelit) dan Fatuketi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, 85752 (Kampus Satelit), Dan ditiga Kampus tersebut terdapat Perpustakaan. UPT Perpustakaan di Kampus Pusat, terletak di Lantai 2 Gedung Bali, Unhan RI.  Perpustakaan di Kampus Satelit Jl. Salemba Raya No. 14 Jakarta Pusat, terletak di Lantai 2 Gedung Unhan RI. Sedangkan Perpustakaan di  Kampus Satelit, Fatuketi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, terletak di Lantai 1 Gedung Dekanat.

Selanjutnya struktur organisasi UPT. Perpustakaan Unhan RI. Berdasarkan Permenhan Nomor 3 Tahun 2017 menjelaskan bahwa UPT Perpustakaan Unhan RI berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Rektor Unhan RI. Seluruh anggota perpustakaan terdiri dari 11 orang (5 Organik dan 6 PPNPN).

UPT Perpustakaan Unhan RI memiliki berbagai macam layanan yang bisa dinikmati oleh seluruh civitas akademika Unhan RI. Adapun layanan tersebut antara lain koleksi bahan pustaka, Database E-Journal dan E-Book, sistem otomasi perpustakaan, institutional repository, layanan peminjaman mandiri, referensi koleksi karya ilmiah, penelusuran informasi, multimedia komputer, pendidikan pemakai, penerbitan International Standard Book Number (ISBN) dan kerja sama.

Koleksi bahan pustaka saat ini terdiri dari koleksi buku tercetak (sirkulasi) sebanyak 10.048 judul buku dengan 13.519 eksemplar, koleksi referensi sebanyak 416 judul buku, Tesis berjumlah 2357 judul, Disertasi berjumlah 13 Judul, Majalah terdiri dari Tempo, Gatra dan lain-lain. Koran terdiri dari Kompas, Jakarta Post, Media Indonesia, Sindo, dan Republika, CD /Audiovisual 161 keping CD. 

Jurnal ilmiah sebanyak 1349 eksemplar, Database E-Journal berjumlah 6 jurnal yang dilanggan pertahun oleh Unhan RI terdiri dari: Springer Nature, Emerald Publishing, Oxford University Press, Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE), American Society of Civil Engineers (ASCE), American Chemical Society (ACS), dan database e-book (IG Publishing I-Group).

Sistem otomasi perpustakaan Unhan RI bisa diakses dari manapun dan kapanpun dengan menggunakan internet. Sistem otomasi yang digunakan menggunakan Online Public Access Catalog (OPAC) melalui link http://opac.lib.idu.ac.id/library_unhan/index.php dan Institutional Repository dapat diakses lewat link http://opac.lib.idu.ac.id/library_unhan/index.php.    OPAC adalah system katalog yang dapat diakses seacara online dan dapat dimanfaatkan pemustaka untuk menelusuri koleksi bahan pustaka yang dimiliki UPT Perpustakaan Unhan RI.

Sedangkan Institutional Repository perpustakaan dikhususkan pada koleksi bahan pustaka berbasis digital atau elektronik yang tidak dipublikasikan secara umum. Adapun konten didalamnya antara lain hasil penelitian dosen maupun karya ilmiah mahasiswa berupa laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir dan bentuk karya ilmiah lainnya.

Layanan peminjaman mandiri adalah salah satu jenis self service bagi pemustaka yang hendak meminjam buku. Peminjaman buku dapat dilakukan secara mandiri menggunakan alat tersedia dengan penerapan teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Selanjutnya ada layanan referensi koleksi karya ilmiah yang menyediakan koleksi hasil karya tulis ilmiah berupa tesis, laporan penelitian dan laporan pengabdian masyarakat baik cetak maupun non-cetak. Layanan ini dapat digunakan pemustaka sebagai bahan rujukan dalam penulisan karya ilmiah.

Layanan multimedia komputer, perpustakaan Unhan RI juga menyediakan komputer-komputer yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka untuk melakukan penelusuran informasi yang digunakan. Perpustakaan di Kampus  Pusat, Sentul, Kabupaten, Bogor, Jawa Barat, menyediakan 10 komputer multimedia sedangkan untuk di perustakaan kampus salemba menyediakan 2 komputer yang bisa digunakan oleh pemustaka.

Layanan pendidikan pemakai adalah kegiatan yang dirancang untuk memberikan informasi kepada pemustaka agar mengetahui sumber-sumber informasi perpustakaan yang terdiri dari koleksi, fasilitas dan jasa perpustakaan, mendidik pemustaka dalam memanfaatkan sumber-sumber informasi secara tepat dan cepat.

Layanan penerbitan International Standard Book Number (ISBN), bagi civitas akademika Unhan RI yang akan menerbitkan buku, perpustakaan Unhan RI menyediakan fasilitas tersebut melalui Unhan RI Press. Setiap buku yang terbit di Unhan RI Press akan diberi nomor ISBN. Nomor ISBN dikeluarkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Perpustakaan Unhan RI akan membantu mengajukan permohonan ISBN secara online melalui website Perpusnas RI.

UPT Perpustakaan Unhan RI telah melaksanakan Pembinaan Kerja Sama (PKS) dengan beberapa perpustakaan Universitas di Indonesia antara lain dengan Perpusnas RI, Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta, Ikatan Pustakawan Indonesia, Perpustakaan Universitas Syiah Kuala, Perpustakaan Universitas Batam, Perpustakaan Universitas Bengkulu, Perpustakaan Lambung Mangkurat, Perpustakaan Universitas Mulawarman, Perpustakaan Universitas Sam Ratulangi, dan Universitas Cendrawasih.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi pemanfaatan jurnal-jurnal elektronik Perpustakaan Unhan RI oleh Wiwi Wiyanti dari Igroup Asia Pacific Limited.      Jurnal yang telah dilanggan oleh Unhan RI dapat diakses secara langsung tanpa login apabila menggunakan jaringan internet Unhan RI. Namun untuk mengakses dari luar jaringan internet Unhan RI, pengguna harus menggunakan username dan password yang bisa ditanyakan ke staf UPT Perpustakaan Unhan RI.

Unhan RI pada tahun 2022 telah melanggan 6 database jurnal antara lain Springer Nature, Emerald Publishing, Oxford University Press, Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE), American Society of Civil Engineers (ASCE), American Chemical Society (ACS), dan database e-book IG Publishing I-Group.

  • jurnal Springer Nature bisa diakses melalui https://link.springer.com/. Halaman beranda Springer Link memiliki beberapa menu diantara terdapat menu login masuk sebagai anggota yang sudah berlangganan, menu kotak pencarian untuk memasukan kata kunci artikel atau buku yang ingin dicari, menu browse by discipline menampilkan bidang keilmuan seperti bidang hukum, ekonomi, kimia, dan lain sebagainya, menu language untuk mengganti penggunaan bahasa, menu new book and journal menampilkan daftar buku dan jurnal terbaru, menu featured journals  menampilkan daftar jurnal yang tersedia beserta cover, menu featured books menampilkan daftar buku yang tersedia beserta cover

Pengguna bisa memasukan kata kunci artikel yang ingin dicari pada kotak pencarian. Sebagai contoh kita akan mencari artikel mengenai hukum militer, tinggal kita masukkan kata kunci “macro economy”, kemudian tekan enter. Maka akan muncul semua artikel yang mengandung kata kunci “macro economy”.Hilangkan ceklis pada fitur “include preview only” untuk menampilkan semua artikel yang sudah dilanggan dan bisa diakses secara fulltext, kemudian pilih “article” pada fitur content type. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Setelah semua filter sesuai dengan yang pengguna inginkan, kemudian tekan enter, maka akan muncul artikel-artikel yang sesuai dengan kata kunci dan filter yang digunakan oleh pengguna. Pilih artikel yang diinginkan maka akan tampil artikel secara fulltext yang bisa dibaca langsung secara online dan bisa juga untuk diunduh. File akan tersimpan di komputer pengguna dalam format pdf.

Database jurnal Emerald Publishing bisa diakses melalui https://www.emerald.com/insight/.  Beranda awal website Emerald Publishing akan menampilkan kotak pencarian yang bisa kita pilih akan melakukan pencarian berdasarkan judul artikel, nama pengarang, International Standard Book Number (ISBN), Digital Object Identifier (DOI), menu browse our content, menu register for a profile, menu advance search, dan menu login. Pengguna bisa langsung mencari artikel jurnal dengan menuliskan kata kunci pada kotak pencarian yang tersedia.

Untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik, pengguna bisa memanfaatkan fitur advance search sehingga dapat ditampilkan hasil-hasil yang sesuai dengan query yang diinput oleh pengguna. Fitur advance search memungkinkan pencari informasi untuk menemukan informasi yang sesuai karena dilengkapi pilihan pencarian open access maupun menampilkan seluruh hasil pencarian, judul artikel, penulis, tahun terbit, bahasa, dan lain sebagainya. Hal ini lebih menghemat waktu dalam menemukan informasi yang dibutuhkan.

Wiwi Wijayanti menambahkan informasi bahwasannya Unhan RI tidak melanggan semua subjek yang dimiliki oleh Emerald Publishing. Melainkan hanya melanggan subjek-subjek yang disesuaikan dengan program studi yang ada di Unhan RI. Pada database Emerald, hanya berlangganan 3 subjek, namun Perpustakaan Unhan RI melengkapi kebutuhan subjek sesuai program studi lainnya pada database lain seperti Springer, OECD Ilibrary, Oxford University Press, AAAS, dan IG Publishing.

Pada kolom pencarian silahkan masukan kata kunci judul artikel atau nama pengarang yang diinginkan. Isi bagian tahun artikel yang ingin dicari, dan di bagian access type pilih yang only open access untuk menampilkan semua artikel yang bebas untuk diakses sedangkan only content I have access to untuk konten yang dilanggan oleh perpustakan Unhan RI

Sebagai contoh ketika kita ingin mencari artikel terkait dengan pertahanan dari tahun 2020 hingga 2022. Pada kolom pencarian kita ketik “military”, klik pada checkbox journal article dan pada kolom data range from kita ketik tahun 2020 kemudian pada bagian “to” ketik tahun 2022, kemudian klik search. Maka secara otomatis akan tampil semua artikel tentang pertahanan dari tahun 2020 hingga tahun 2022. Kemudian pilih salah satu artikel yang diinginkan dan bisa diunduh atau dibaca online secara fulltext. File akan tersimpan di komputer pengguna dalam format pdf.

  • jurnal Oxford University Press bisa diakses melalui https://academic.oup.com/journals. Halaman beranda Oxford University Press memiliki beberapa menu diantara terdapat menu information yang memuat informasi terkait Oxford Academic, menu login untuk masuk sebagai anggota yang sudah berlangganan, menu kotak pencarian untuk memasukan kata kunci artikel atau buku yang ingin dicari, menu subject untuk menampilkan bidang keilmuan yang disediakan, menu journals menampilkan daftar jurnal yang disediakan, dan ada menu books untuk menampilkan daftar buku

Pengguna bisa memasukan kata kunci artikel yang ingin dicari pada kotak pencarian. Sebagai contoh kita akan mencari artikel mengenai hukum militer, tinggal kita masukkan kata kunci “military law”, kemudian tekan enter. Maka akan muncul semua artikel yang mengandung kata kunci “military law”. Pengguna juga bisa  menggunakan advanced search untuk mencari artikel dengan menggunakan filter yang lebih banyak, seperti filter availability, filter tahun terbit artikel yang diinginkan, fitur sort by untuk melakukan filter berdasarkan relevansi artikel.

Setelah sesuai dengan yang pengguna inginkan, kemudian tekan enter atau klik update, maka akan muncul artikel-artikel yang sesuai dengan kata kunci dan filter yang digunakan oleh pengguna. Klik artikel yang diinginkan maka akan tampil artikel secara fulltext yang bisa dibaca langsung secara online dan bisa juga untuk diunduh. File akan tersimpan di komputer pengguna dalam format pdf.

Secara umum cara akses database jurnal memiliki banyak kesamaan. Setiap database jurnal pasti memiliki menu kotak pencarian, menu advanced search, menu login, dan filter pencarian yang bisa diterapkan oleh pengguna. Pembeda terbesar dari setiap database adalah setiap database jurnal memiliki bidang atau spesialisasinya masing-masing.

  • jurnal Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) bisa diakses melalui https://ieeexplore.ieee.org/Xplore/home.jsp. Halaman beranda IEEE memiliki beberapa menu diantara terdapat menu login untuk masuk sebagai anggota yang sudah berlangganan, menu kotak pencarian untuk memasukan kata kunci artikel atau buku yang ingin dicari, menu help untuk menampilkan kontak hubung jika mengalami kesulitan, menu top search untuk menampilkan daftar artikel yang sering dicari, dan ada menu advance search untuk melakukan pencarian artikel secara lebih detail.

Pengguna bisa memasukan kata kunci artikel yang ingin dicari pada kotak pencarian. Sebagai contoh kita akan mencari artikel mengenai hukum militer, tinggal kita masukkan kata kunci “technology”, kemudian tekan enter. Maka akan muncul semua artikel yang mengandung kata kunci “technology”. Pengguna juga bisamenggunakan advanced search untuk mencari artikel dengan menggunakan filter yang lebih banyak, seperti filter availability, filter tahun terbit artikel yang diinginkan, fitur sort by untuk melakukan filter berdasarkan relevansi artikel.

 Setelah sesuai dengan yang pengguna inginkan, kemudian tekan enter atau klik update, maka akan muncul artikel-artikel yang sesuai dengan kata kunci dan filter yang digunakan oleh pengguna. Klik artikel yang diinginkan maka akan tampil artikel secara fulltext yang bisa dibaca langsung secara online dan bisa juga untuk diunduh. File akan tersimpan di komputer pengguna dalam format pdf.

  • jurnal American Society of Civil Engineers (ASCE) bisa diakses melalui https://www,asce.org/journals. Halaman beranda ASCE memiliki beberapa menu diantara terdapat menu login untuk masuk sebagai anggota yang sudah berlangganan, menu kotak pencarian untuk memasukan kata kunci artikel atau buku yang ingin dicari, menu help untuk menampilkan kontak hubung jika mengalami kesulitan, menu top search untuk menampilkan daftar artikel yang sering dicari, menu advance search untuk melakukan pencarian artikel secara lebih detail, dan daftar lengkap jurnal.

Pengguna bisa memasukan kata kunci artikel yang ingin dicari pada kotak pencarian. Sebagai contoh kita akan mencari artikel mengenai hukum militer, tinggal kita masukkan kata kunci “Aerospace Engineering”, kemudian tekan enter. Maka akan muncul semua artikel yang mengandung kata kunci “Aerospace Engineering”. Pengguna juga bisamenggunakan advanced search untuk mencari artikel dengan menggunakan filter yang lebih banyak, seperti filter availability, filter tahun terbit artikel yang diinginkan, fitur sort by untuk melakukan filter berdasarkan relevansi artikel.

Setelah sesuai dengan yang pengguna inginkan, kemudian tekan enter atau klik update, maka akan muncul artikel-artikel yang sesuai dengan kata kunci dan filter yang digunakan oleh pengguna. Klik artikel yang diinginkan maka akan tampil artikel secara fulltext yang bisa dibaca langsung secara online dan bisa juga untuk diunduh. File akan tersimpan di komputer pengguna dalam format pdf.

  •    jurnal American Chemical Society (ACS) bisa diakses melalui https://pubs.acs.org/. Halaman beranda ACS memiliki beberapa menu diantara terdapat menu login untuk masuk sebagai anggota yang sudah berlangganan, menu kotak pencarian untuk memasukan kata kunci artikel atau buku yang ingin dicari, menu event & conference untuk menampilkan agenda acara ACS, menu top search untuk menampilkan daftar artikel yang sering dicari, dan ada menu browse content untuk artikel berdasarkan subjek keilmuan.

Pengguna bisa memasukan kata kunci artikel yang ingin dicari pada kotak pencarian. Sebagai contoh kita akan mencari artikel mengenai hukum militer, tinggal kita masukkan kata kunci “chemical”, kemudian tekan enter. Maka akan muncul semua artikel yang mengandung kata kunci “chemical”. Pengguna juga bisa menggunakan advanced search untuk mencari artikel dengan menggunakan filter yang lebih banyak, seperti filter availability, filter tahun terbit artikel yang diinginkan, fitur sort by untuk melakukan filter berdasarkan relevansi artikel.

Setelah sesuai dengan yang pengguna inginkan, kemudian tekan enter atau klik update, maka akan muncul artikel-artikel yang sesuai dengan kata kunci dan filter yang digunakan oleh pengguna. Klik artikel yang diinginkan maka akan tampil artikel secara fulltext yang bisa dibaca langsung secara online dan bisa juga untuk diunduh. File akan tersimpan di komputer pengguna dalam format pdf.

Database E-Book IG Publishing I-Group bisa diakses melalui https://portal.igpublish.com/iglibrary/. Halaman beranda IG Publishing I-Group memiliki beberapa menu diantara terdapat menu Sign In untuk masuk sebagai anggota yang sudah berlangganan, menu kotak pencarian untuk memasukan kata kunci artikel atau buku yang ingin dicari. Sejauh di IG Publishing I-Group tersedia 97 E-Book yang bisa dimanfaatkan secara permanen oleh seluruh civitas akademika Unhan RI.

Acara matrikulasi diakhiri dengan sesi tanya-jawab dan dilanjutkan dengan foto bersama para narasumber dengan seluruh peserta matrikulasi. Harapan dari para narasumber agar para peserta matrikulasi bisa memanfaatkan seluruh layanan yang disediakan oleh UPT Perpustakaan. Khususnya dalam pemanfaatan database jurnal yang telah dilanggan untuk menunjang perkuliahan para peserta matrikulasi.