MATRIKULASI LAYANAN UPT PERPUSTAKAAN UNHAN BAGI MAHASISWA BARU TA. 2019/2020

  13 September 2019 | 13:36:32   -   Post By : Admin Perpustakaan


Pada hari  Kamis, tanggal 5 September 2019, bertempat di lantai 1 Ruang Auditorium  Universitas Pertahanan, telah dilaksanakan Matrikulasi bagi Mahasiswa S2 Unhan TA. 2019/2020. Kegiatan  berlangsung dimulai dari pukul 13.00 sd. 17.00. WIB. Tim dari UPT Perpustakaan Unhan berjumlah 6 orang ditambah dari mitra kerja penyedia E-Book dan E-Journal berjumlah 4 orang, dipimpin oleh Ka UPT Perpustakaan Unhan Kolonel Chb (K) Dr. Sri Sundari SE., M.M dengan anggota berjumlah 10 orang diantaranya :

  1. Kolonel Caj (K) Dra. Rini Agustina. M.M
  2. Penata Tk I III/d Heru Siswanto. S.Sos
  3. Penata Tk I III/d Dindin SE
  4. Kapten Cku M. Akib Thamrin, SH.
  5. Pengda Tk I/IIIb Yulinar
  6. Abdul Najib
  7. Akhmad Nouval (CV Sagungseto /penyedia ebooks & ejournal)
  8. Ardi Chandra (Taylor and Francis)
  9. Jona Harahap (Cambridge)
  10. Eric Junicon (EBSCO)

 

Arti Penting Perpustakaan Unhan adalah Mahasiswa dituntut untuk aktif mencari informasi dalam mengembangkan pengetahuannya dan anggota Perpustakaan melayani pemustaka dengan memberikan sumber-sumber ilmu pengetahuan tentang Pertahanan dan keterampilan agar menjadi pembaca yang mumpuni dibidang Pertahanan, pembelajar yang mandiri, pemikir yang kritis, pemecah masalah yang kreatif, dan warga masyarakat akademik yang berpengetahuan di bidang Pertahanan melalui kepakaran pustakawan dan pemanfaatan akses ke sumber-sumber informasi yang tersedia. Visi dan Misi yang diemban oleh perpustakaan dan pustakawan sebagai pengelola utama aset intelektual adalah memastikan bahwa pemustaka yaitu sivitas akademika Unhan dan pemerhati perpustakaan pada umumnya menjadi pengguna yang efektif memperoleh ide dan Perpustakaan menyediakan informasi untuk menunjang aktivitas belajar mengajar di Perguruan Tinggi.

Visi dan Misi Unhan adalah

Visi :

  1. Menjadi Pusat sumber ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu pertahanan dan nilai nilai kebangsaan untuk mendukung tercapainya Unhan sebagai Universitas berstandar dunia.

Misi :

  1. Menyediakan sumber informasi bagi pemustaka serta meningkatkan kualitas
    dan kuantitas layanan informasi dalammendukung kegiatan pembelajaran dan   
    penelitian yang terakreditasi nasional maupun international.
  2. Menyediakan sarana dan prasarana modern dengan pemanfaatan teknologi
    informasi sebagai penunjang dalam mengelola dan melestarikan koleksi
    perpustakaan.
  3. Melaksanakan kerjasama dengan berbagai instansi, perguruan tinggi nasional
    dan international.
  4. Meningkatkan profesionalisme Pustakawan dalam kegiatan Diklat maupun
    seminar untuk menunjang tercapainya pelayanan prima di perpustakaan.

Peserta Matrikulasi untuk kampus Unhan selain mendapatkan informasi layanan perpustakaan dengan metode ceramah di ruangan juga mendapatkan Library Tour dengan mencoba semua layanan langsung sehingga diharapkan akan memudahkan mahasiswa ketika akan menggunakan layanan perpustakaan.

Untuk kegiatan Matrikulasi layanan perpustakaan Unhan, lebih mengutamakan layanan yang bersifat remote atau layanan yang dapat diakses secara jarak jauh, seperti akses layanan e-Journal, e-Book, serta layanan akses sumber informasi elektronik lainnya seperti layanan tesis dan disertasi secara online melalui Repository Unhan  dengan alamat https://lib.idu.ac.id, for website Unhan Library Dan http://opac.lib.idu.ac.id/library_unhan/index.php, for Thesis Minor, etc.