KUNJUNGAN UPT PERPUSTAKAAN UNHAN RI KE PERPUSTAKAAN PUSAT UNIVERSITAS PADJAJARAN

  31 Mei 2022 | 11:51:59   -   Post By : Admin Perpustakaan


Oleh Tim Website UPT Perpustakaan Unhan RI

 

Rabu, 25 Mei 2022 UPT Perpustakaan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) yang diwakili oleh PNS Dindin, S.E selaku Pustakawan Ahli Muda melakukan kunjungan ke Perpustakaan Universitas Padjajaran Bandung. Kunjungan dilakukan dalam rangka menjalin kerja sama dan diskusi terkait dengan perkembangan dunia perpustakaan. Langkah tersebut diambil mengingat kerjasama antar perpustakaan perguruan tinggi merupakan salah satu unsur penting dalam menunjang kemajuan instansi.

Kunjungan ke Perpustakaan Universitas Padjajaran merupakan arahan dari Kolonel Chb (K) Dr. Sri Sundari selaku Kepala UPT Perpustakaan Unhan RI. Studi banding ke beberapa Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia sangat perlu dilakukan agar UPT Perpustakaan Unhan RI tidak ketinggalan dengan Perpustakaan Perguruan Tinggi Lainnya. Hasil kunjungan ini nantinya akan diaplikasikan di UPT Perpustakaan Unhan RI agara dapat meningkatkan pelayanan demi tercapainya kepuasan pemustaka di lingkungan Unhan RI.

Pemilihan Perpustakaan Universitas Padjajaran sebagai salah satu lokasi kunjungan memang sangat tepat. Secara historis dan kualitas, Perpustakaan Universitas Padjajaran merupakan salah satu perpustakaan yang sangat berkualitas, hal tersebut terbukti dengan capaian akreditasi dengan nilai “A” dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Perpustakaan Unpad berlokasi di Graha Kandaga, jalan raya Bandung-Sumedang Km. 21 Jatinangor, Kab. Sumedang 45363 Jawa Barat. Bapak Dindin, S.E tiba di Perpustakaan Universitas Padjajaran pada pukul 13.00 WIB dan disambut langsung oleh Ibu Dra Wina Erwina, M.Sc., P.hd selaku Kepala Pusat Pengelolaan Pengetahuan Unpad dan Ibu Sri Rakhmiyati, S.Sos selaku Pustakawan. Bapak Dindin, S.E mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan oleh pihak Perpustakaan Universitas Padjajaran serta mengucapkan maksud dan tujuan kunjungan. Tak lupa juga mengucapkan salam hangat dari Kepala UPT Perpustakaan Unhan RI yang berhalangan hadir.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan Pusat Unpad Ibu Dra Wina Erwina, M.Sc., P.hd dan pustakawannya, Ibu Sri Rakhmiyati, S.Sos., M.Ikom. Dalam penjelasannya beliau menceritakan bahwa Universitas Padjajaran menerapkan konsep GLAM (Gallery, Library, Archive and Museum) yang menggabungkan beberapa unit yang mengelola informasi, data dan pengetahuan dalam satu unit organisasi. Unit tersebut diberi nama Pusat Pengelolaan Pengetahuan Unpad.

Perpustakaan Unpad dalam menjalankan aktifitas tentu memiliki visi dan misi organisasi. Visi Perpustakaan mendukung visi Unpad menjadi universitas unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kelas dunia. Adapun Misi Perpustakaan sebagai berikut:

  1. Menyediakan informasi, pelayanan dan sarana dalam menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna (stakeholders) jasa pendidikan tinggi;
  2. Menyediakan informasi, pelayanan dan sarana dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berdaya saing internasional dan relevan dengan tuntutan pengguna (stakeholders) jasa pendidikan tinggi dalam memajukan perkembangan intelektual dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyediakan informasi, pelayanan dan sarana dalam menyelenggarakan pengelolaan pendidikan tinggi yang profesional dan akuntabel untuk meningkatkan citra perguruan tinggi; dan
  4. Menyediakan informasi, pelayanan dan sarana dalam membentuk insan akademik yang menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal dan budaya nasional dalam keragaman budaya dunia 

Perpustakaan Pusat Universitas Padjajaran, memiliki Sumber Daya Manusia yang terdiri dari, 1 Kepala Pusat Perpustakaan, Pustakawan Madya 4 orang, Pustakawan Muda 5 orang, Pustakawan Pertama 2 orang, Pustakawan terampil 4 orang, Arsiparis Terampil 2 orang, Fungsional Umum 5 orang, BLU/Non PNS 11 Orang.

Fasilitas sarana dan prasarana di Perpustakaan Pusat Unpad terbilang lengkap. Dra. Wina Erwina, M.Sc., P.hd. bercerita bahwa pada bulan februari 2022 yang lalu Perpustakaan Pusat Unpad melakukan penambahan beberapa fasilitas untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan. PNS Dindin diajak berkeliling unutk melihat berbagai fasilitas yang tersedia di Perpustakaan Pusat Unpad. Penambahan fasilitas berupa ruang belajar, pertemuan, studio ajar, hingga kelas hybrid yang dapat dimanfaatkan seluruh sivitas akademika.

Dra. Wina Erwina, M.A., P.hd. menyebut penambahan fasilitas untuk memudahkan mahasiswa mengikuti perkuliahan daring. Beliau berharap dengan dukungan ruangan nyaman dan jaringan internet memadai dapat membantu mahasiswa yang terkendala saat mengikuti perkuliahan daring.

Selain mahasiswa, Dosen juga dapat memanfaatkan studio dan kelas dalam menyampaikan materi kuliah. Sehingga metode pembelajaran menjadi lebih optimal.

 “Kita sediakan ruang-ruang bagi mahasiswa untuk belajar, mengikuti ujian, ataupun melakukan diskusi dan berkreasi,” ujar Beliau.Dra. Wina Erwina, M.A., P.hd. menyebut ruang belajar hybrid juga didukung koleksi perpustakaan yang lengkap, baik cetak maupun digital. Saat ini, Perpustakaan Pusat Unpad terus berupaya memperluas akses karya ilmiah digital dari luar kampus.  Pengguna dapat mengakses berbagai koleksi digital Perpustakaan Pusat Unpad melalui laman https://lib.unpad.ac.id/ serta koleksi jurnal di lingkungan Unpad melalui laman https://jurnal.unpad.ac.id/.

Koleksi digital maupun jurnal ilmiah telah dapat diakses dari luar kampus Unpad. Hingga saat ini, Perpustakaan Pusat Unpad telah melanggan enam database jurnal. Adapun database jurnal yang dilanggan oleh perpustakaan pusat Unpad adalah sebagai berikut:

< >Westlaw Journal Ebsco JournalEmerald JournalOxford JournalSage JournalSage Research Methods Journal 

Gambar di atas merupakan Creative Lounge yang disponsori oleh instansi pegadaian. Fasilititas tersebut diberi nama creative lounge yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai, diskusi, dan belajar dengan kondisi yang sangat nyaman. Creative lounge menyediakan beberapa komputer yang bisa dimanfaatkan oleh pemustaka, selain itu juga tersedia sofa dan meja diskusi serta tak lupa koleksi buku bacaan.

Gambar di atas merupakan Coworking Space yang disponsori oleh Bank Nasional Indonesia. Coworking Space bisa digunakan sebagai tempat bersantai, diskusi, dan belajar dengan kondisi yang sangat nyaman. Berbeda dengan Creative lounge, Coworking Space tidak menyediakan komputer dan buku bacaan. Ruangan di dimonasi dengan meja dan kursi yang bisa digunakan pemustaka untuk berdiskusi.