KUNJUNGAN ASEAN LECTURER COMMUNITY (ALC) KE UPT PERPUSTAKAAN UNHAN RI PENUH INSPIRASI DAN MOTIVASI

  31 Oktober 2022 | 20:02:12   -   Post By : Admin Perpustakaan


UPT Perpustakaan Unhan RI menerima kunjungan ASEAN Lecturer Community (ALC) pada hari Rabu, 9 Oktober 2022. Kegiatan kunjungan ALC ke UPT Perpustakaan Unhan RI merupakan suatu rangkaian acara dari acara pokok dalam menghadiri audiensi ASEAN Lecturer Community kepada Wakil Rektor III Unhan RI. Delegasi ALC yang turut hadir dalam kunjungan di UPT Perpustakaan Unhan RI antara lain Assoc Prof Teuku Syahrul Reza, selaku Founder CEO Asean Lecturer’s Community, Assoc Prof. Ts.DR. Jessica Ong Hai Liaw CMILT, selaku Lecturer National Defence University of Malaysia (NDUM), Kamarazaman Yaakob, selaku Abang Perdana Menteri Malaysia yaitu Ismail Sabri bin Yaakob, dan Wawan Hermawansyah selaku Ketua Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Bekasi Raya.

Kehadiran para dosen ASEAN Lecturer Community disambut oleh Kepala UPT Perpustakaan Unhan RI, Kolonel Sus Drs. Ernes Dj. Fambrene M.Han., beserta staf. Sebelum tiba di perpustakaan, para dosen mengungkapkan bahwa perjalanan ke UPT Perpustakaan Unhan RI yang berada di Kampus Pusat, Lantai 2 Gedung Bali, Unhan RI, Kawasan IPSC Sentul, Bogor, Jawa Barat, telah berhasil membuat para dosen sangat terkesan dengan cara perpustakaan dalam membangun lingkungan penunjang pembelajaran yang positif. Hal ini sesuai penuturan para dosen ketika membaca setiap kutipan motivasi pada setiap menapaki anak tangga menuju perpustakaan. Terlebih, motivasi tersebut sangat identik dengan dunia akademisi, terutama ciri khas pertahanan yang selalu merujuk pada seni berperang ala Sun Tzu, yakni “Art of War” atau Seni dalam Berperang.

UPT Perpustakaan Unhan RI juga mengutip salah satu penggalang pidato Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto saat pemaparan program kerja Kementerian Pertahanan RI bersama komisi I DPR RI di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, pada November 2019 lalu. Kutipan tersebut adalah “Defense is not cost, but an investment”. Prabowo menegaskan bahwa membangun pertahanan dan keamanan negara adalah suatu bentuk investasi vital bangsa Indonesia. Indonesia harus bisa membangun sistem pertahanan dan keamana negara yang kuat, jika tidak mau diinjak-injak oleh negara lain. Semangat yang tertuang dalam kutipan tersebut menjadi salah satu pusat perhatian para dosen ASEAN Lecture Community dalam kunjungannya ke UPT Perpustakaan Universitas Pertahanan Republik Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, juga disampaikan bahwa selain di tempat ini masih juga terdapat perpustakaan lain di Kampus Satelit Salemba dan Kampus Satelit Belu. Awal pendirian Perpustakaan Unhan RI yang diselenggarakan di Kampus Satelit, Jalan Salemba Raya No 14 Jakarta Pusat. Pada tahun 2021 lalu, Unhan RI mendirikan perpustakaan di Kampus Satelit Fatuketi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Dinamika yang terjadi ini menuntut UPT Perpustakaan Unhan RI untuk selalu siap siaga dalam mendukung kegiatan seluruh civitas academia Unhan RI sesuai dengan tugas dan fungsi UPT Perpustakaan Unhan RI. Hal ini menjadi daya tarik juga bagi para dosen untuk mengetahui bagaimana keluwesan UPT Perpustakaan Unhan RI dalam mempertahankan eksistensinya.

Antusiasme para dosen terlihat saat memasuki ruang UPT Perpustakaan Unhan RI. Terdapat dua ruangan yang berada di sisi kanan dan kiri, masing-masing ruang tersebut adalah Ruang Layanan Sirkulasi dan Ruang Layanan Referensi. Sembari menyimak penjelasan staf perpustakaan, rasa ingin tahu perihal langkah UPT Perpustakaan Unhan RI dalam menyesuaikan dinamika perkembangan ekspansi Unhan RI pun terus mengalir. Memasuki Ruang Layanan Sirkulasi, Bapak Kaisa selaku anggota ALC mengisi fasilitas layanan Visitor Counter yang telah tersedia di setiap pintu masuk kedua ruangan Perpustakaan Unhan RI. Dalam hal ini, para dosen juga memastikan bagaimana borang presensi mampu meninjau ulang grafik kunjungan perpustakaan dalam kurun waktu tertentu. Hal ini mampu dijadikan sebagai salah satu bahan evaluasi untuk mengembangkan UPT Perpustakaan Unhan RI dan menarik serta mempertahankan pengunjung tetapnya.

Sistem peninjauan terhadap seluruh laporan dan sirkulasi yang terjadi di Perpustakaan Unhan RI mampu dikelola dan diawasi dengan baik oleh personel perpustakaan yang telah ahli pada bidangnya, seperti pada Online Public Access Catalog (OPAC) dan Institutional Repository.

Sistem katalog yang dapat diakses secara online dapat dimanfaatkan pemustaka untuk menelusuri koleksi bahan pustaka yang dimiliki UPT Perpustakaan Unhan RI inilah yang disebut Online Public Access Catalog (OPAC). Disisi lain, Institutional Repository perpustakaan di khususkan pada koleksi bahan pustaka berbasis digital atau elektronik yang tidak dipublikasikan secara umum. Konten di dalamnya antara lain: hasil penelitian dosen maupun karya ilmiah mahasiswa berupa laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, tugas akhir maupun bentuk karya ilmiah lainnya.

Dengan demikian, segala bentuk input data baru, peminjaman dari segala jenis buku, laporan tugas akhir, atau bahkan laporan peneletian pun tersedia, hingga pemindahan lokasi buku di perpustakaan Kampus Satelit Unhan RI dapat diawasi secara transparan.

Gambar di atas menunjukkan rekapitulasi peningkatan jumlah pengunjung UPT Perpustakaan Unhan RI dalam kurun waktu Juni hingga September 2022. Dengan jumlah yang terus meningkat membuktikan bahwa UPT Perpustakaan Unhan RI terus melakukan perbaikan kualitas pelayanan untuk pengunjung. Hal ini sejalan dengan visi dan misi UPT Perpustakaan Unhan RI dalam mendukung capainnya Unhan RI sebagai Universitas Pertahanan berstandar kelas dunia.

Antusiasme para dosen ASEAN Lecturer Community dalam kunjungannya ke UPT Perpustakaan Unhan RI juga terlihat dari pertanyaan-pertanyaan pada berbagai koleksi bahan pustaka yang tersedia di UPT Perpustakaan Unhan RI. Saat ini Perpustakaan Unhan RI memiliki koleksi bahan pustaka yang meliputi:

  1. Buku Sirkulasi Tercetak sebanyak 11.142 judul dengan 18.133 eksemplar
  2. Buku Referensi Tercetak sebanyak 611 judul dengan jumlah eksemplar yang sama
  3. Jurnal Ilmiah sebanyak 1.349 judul.
  4. Tesis dan Disertasi dengan rincian 2.357 tesis dan 13 disertasi
  5. E-journal yang dilanggan oleh Unhan RI antara lain Springer Nature, Emerald Publishing, Oxford University Press, Institute of Electrial and Electronics Engineers (IEEE), American Society of Civil Engineers (ASCE), Chemistry for Life (ACS), dan ebook IG Publishing.
  6. Majalah yang dilanggan UPT Perpustakaan Unhan RI antara lain Tempo dan Gatra.  Tetapi majalah yang tidak dilangan juga banyak berjumlah 11 judul.
  7. Koran yang dilanggan UPT Perpustakaan Unhan RI Kampus Satelit Salemba berlangganan Koran Kompas dan Koran Jakarta Post, untuk di Kampus Pusat Sentul berlangganan Koran Media Indonesia, Koran Sindo, Koran Republika.
  8. CD/Audiovisual 162 Keping

Selain dari koleksi yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Unhan RI, para dosen juga memiliki ketertarikan terhadap berbagai cakupan kajian ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh UPT Perpustakaan Unhan RI dan berharap kedepannya akan saling terhubung dalam suatu kerjasama yang memiliki keberlanjutan dalam menghasilkan produk akademis dan keterkaitannya. Dalam kunjungan ini, para dosen juga berharap terdapat pengembangan perihal perluasan lokasi UPT Perpustakaan Unhan RI agar mampu menampung lebih banyak pengunjung yang semakin hari semakin bertambah, terlebih berdasarkan bukti laporan kunjungan di atas. Hal ini akan semakin menarik untuk dikembangkan dan dibanggakan, kata mereka.

Bagi ALC, kunjungan ini sangat penting perannya dalam bidang pendidikan. Pendidikan sebagai akar dari kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu, Komunitas Dosen ASEAN bertekad menjadi wadah dan jembatan terbaik bagi seluruh tenaga kependidikan, agar dapat melebarkan sayapnya lebih luas dan terus maju untuk kesuksesan bersama melalui kolaborasi. Kolaborasi antar mahasiswa juga diharapkan dapat tercipta dengan ALC ini. Kunjungan ALC dari awal hingga akhir di UPT Perpustakaan Unhan RI berlangsung penuh keakraban dan penuh kekeluargaan.