Ka UPT Perpustakaan Unhan hadiri Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS ) Bidang Perpustakaan

  20 Maret 2019 | 10:27:50   -   Post By : Admin Perpustakaan


Ka UPT Perpustakaan Unhan hadiri Rapat Koordinasi Nasional  (RAKORNAS) Bidang Perpustakaan

Ka UPT Perpustakaan Unhan, Kolonel Chb (K) Dr. Sri Sundari, S.E., M.M. menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2019, yang berlangsung dari tanggal 13 s.d 16 Maret 2019, di Hotel Bidakara Jakarta Pusat. Rakornas yang dihadiri  dihadiri sekitar 3000 orang peserta Kepala Dinas maupun staf perpustakaan tingkat provinsi, kabupaten/kota, perpustakaan tingkat universitas maupun sekolah, pegiat literasi hingga berbagai jenis perpustakaan di Indonesia. Rakornas Perpustakan tahun ini agak beda dengan tahun tahun sebelumnya,  karena Rakornas ini menghadirkan nara sumber   para menteri kabinet  gotong royong, antara lain Menteri Dalam Negeri,Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Menteri Keuangan, Mentri PPN/ Bapennas, Ketua Ombudsman, serta Duta Baca Indonesia (Najwa Sihab ), serta Pimpinan Komisi X DPR- RI.

Menteri Dalam Negeri , Cahyo Kumolo,menyampaikan Keynote Speaker  dengan Tema : “ Kebijakan Pembangunan Manusia Indonesia melalui Peningkatan Literasi Masyarakat “  dan sekaligus secara resmi membuka acara Rakornas Perpustakaan Tahun 2019.

          Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, mandiri dan mampu berdaya saing di era global. Salah satu peran penting tersebut ialah membangun ekosistem masyarakat berpengetahuan (knowledge based society).

“Peranan penting Perpustakaan melalui upaya mewujudkan ekosistem masyarakat yang berpengetahuan, perpustakaan mengusung rencana strategis penguatan literasi masyarakat. Peranan perpustakaan dalam penguatan literasi masyarakat dilaksanakan melalui transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Secara inklusif adalah hak masyarakat untuk mendapatkan layanan perpustakaan, di mana pun mereka berada dan pada kondisi apa pun. Hal ini dijamin oleh negara melalui Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan,” kata Tjahjo.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando dalam laporannya mengatakan, Rakornas dihadiri sekitar 3000 orang peserta Kepala Dinas maupun staf perpustakaan tingkat provinsi, kabupaten/kota, perpustakaan tingkat universitas maupun sekolah, pegiat literasi hingga berbagai jenis perpustakaan di Indonesia. Ia pun mengaku, salah satu faktor kesuksesan penyelenggaraan Rakornas dan literasi di tingkat daerah tak lepas dari peranan Menteri Dalam Negeri dan jajarannya yang terus mendorong Pemerintah Daerah dalam hal Perpustakaan dan literasi untuk masyarakat.

Syarif berharap Rakornas dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan perpustakaan dan semakin menggaungkan gerakan literasi hingga ke pelosok negeri.

Dengan menghadiri acara Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2019, sangat bermanfaat untuk pengembangan perpustakaan Universitas Pertahanan  baik dari segi pengembangan koleksi dan layanan digital maupun untuk pengembangan sumber daya manusia yang mengawaki perpustakaan Unhan.

 

Penulis : Lekol Caj (K) Dra. Rini Agustina, MM

Editor : Tim Redaksi Perpustakaan Unhan